The 8th Asia Pacific Network Symposium

Rapat Tim Percepatan TC.UGGp
September 6, 2024
Rapat Kerja PROGRESS Report TC.UGGp bersama Mr. Soojae, Lee dan tim ahli KNGI
October 10, 2024
Rapat Tim Percepatan TC.UGGp
September 6, 2024
Rapat Kerja PROGRESS Report TC.UGGp bersama Mr. Soojae, Lee dan tim ahli KNGI
October 10, 2024

Simposium Jaringan Geopark Asia Pasifik ke- 8 telah diselenggarakan pada 8-15 September 2024 di Non Nuoc Cao Bang UGGp, Provinsi Cao Bang, Vietnam dengan tema “Masyarakat lokal/adat dan pembangunan berkelanjutan di Geopark”. Akan ada sesi ilmiah tentang berbagai topik seperti perlindungan warisan, geopark dan realisasi tujuan pembangunan berkelanjutan, adaptasi perubahan iklim, dll. dan khususnya, topik yang terkait dengan masyarakat lokal dan masyarakat adat serta kegiatan mereka yang terkait dengan geopark beserta pameran dan stan geopark.

Pada Symposium ke 8 APGN ini Toba Caldera UNESCO Global Geopark turut ikut serta dalam acara tersebut yang diwakili oleh Sekretaris TC.UGGp. Pada acara tersebut dihadiri oleh beberapa UGGp yang ada di Indonesia. Kemudian dalam acara tersebut ada beberapa topik yang dibahas :

Topik sesi ilmiah:
1. Pengetahuan lokal dan adat, keterlibatan masyarakat lokal dan adat dalam kegiatan Geopark
2. Geohazard, risiko bencana alam, serta pengurangan dan adaptasi perubahan iklim
3. Inventarisasi warisan, perlindungan dan penggunaan berkelanjutan
4. Geopark dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan regional
5. Pendidikan geopark dan pemasyarakatan ilmu pengetahuan ( termasuk sub-sesi khusus sehubungan dengan IGCP-700: “Penumpukan karbonat Paleozoikum, bentang alam dan kandungan fosilnya: nilai-nilai ilmiah dan geowisata”)
6. Calon Geopark – kesulitan dan tantangan